Rabu, 09 September 2009

Gejala Umum dan Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)

Apa saja gejala umum dan jenis PMS ?
Seseorang dapat terinfeksi dengan satu atau beberapa Jenis PMS dalam satu waktu. Ada beberapa PMS yang menunjukkan gejala dengan Jelas. Gejala umum PMS adalah:
  1. Keluarnya cairan Yang tidak normal dari saluran kencing dan atau liang senggama (Keputihan yang banyak, berbau amis, berwarna putih kehijauan). Misalnya: GONORE, TRIKOMONAS, JAMUR
  2. Rasa nyeri/sakit pada saat kencing atau saat berhubungan seksual. Misalnya: CONORE
  3. Rasa gatal di alat kelamin atau sekitarnya.Contohnya: JAMUR4. Lecet, luka kecil (kadang ada yang tidak terasa sakit) Yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Misainya: SIPILIS, CHANCROID.
  4. Timbul kelainan kulit di kelamin atau di sekitarnya berupa kutil, atau menyerupai bunga kol. Contohnya: JENGGER (KONDILOMA), LIMPOGRANULOMA, GRANULOMA INGUINALE.
  5. Perubahan warna kulit dan mata, misalnya pada HEPATITIS B/C.
* Bila ada gejala seperti diatas, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
* Walaupun tidak ada gejala yang jelas, bukan berarti bahwa seseorang tidak mengidap PMS, bahkan ia bisa menjadi sumber penularan.
* 80-90% wanita tidak memperlihatkan gejala-gejaia PMS, dan sering tidak menyadari bahwa keputihan yang dialaminya merupakan gejaia PMS.
* Sebagian orang yakin bahwa PMS bukan merupakan penyakit yang serius, sebab dapat dengan-mudah dicegah dan disembunyikan dgn suntikan atau makan kapsul penisilin. lnilah keyakinan yang menyesatkan, sebab tidak semua PMS dpt diobati dengan cara itu.
* Pengobatan penisilin dgn cara dan dosis yang tepat dapat menyembuhkan: GONORE, KLAMIDIA & SIPILIS.
* JENGGER, KONDILOMA, HERPES, tidak dapat disembuhkan dengan penisilin.
* Pencegahan PMS melalui cara imunisasi hanya ada untuk HEPATITIS B
Gangguan Kesehatan Akibat PMS.
  1. Kemandulan pada pria dan wanita yang disebabkan oleh penyebaran infeksi pada alat kelamin bagian dalam, seperti pada GONORE dan KLAMIDIA.
  2. Menyebabkan kematianya seperti AIDS, SIPILIS, HEPATITIS B/C.
  3. Menyebabkan penyakit kanker (kanker leher rahim) dan penyakit yang selalu kambuh, seperti HERPES KELAMIN, KONDILOMA/JENGGER
  4. Khusus pada wanita hamil yang mengidap PMS tertentu (GONORE, SIPILISI, HERPES KELAMIN, HIV/AIDS) bisa menularkan kepada bayinya dan atau menyebabkan bayi yang dilahirkan cacat, lahir muda atau meninggal.
INGATLAH
  1. Semua gejaia tersebut tidak selalu disebabkan oleh PMS. Seseorang bisa saja mempunyai gejala tersebut, tetapi tidak terjangkit suatu PMS. Namun bila gejala tersebut muncul sebaiknya segera konsultasi ke dokter, karena mungkin diperlukan pemeriksaan yang lengkap, termasuk laboratorium, pengobatan yang sesuai, serta perlunya informasi dan bimbingan tentang cara pencegahan dan pengobatan yang benar.
  2. Orang yang mengidap PMS tidak selalu menuniukkan gejala-gejala. Kita tidak bisa mengetahui seseorang mengidap PMS dengan melihat dari luar atau hanya dari penampilannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar