Sabtu, 23 Mei 2009

Janin Anda, dari Minggu ke Minggu

Tiga bulan pertama, janin tumbuh berlipat ganda membentuk semua cikal bakal organ dan anggota tubuh seorang manusia.

Anda hamil? Wah… selamat ya! Kini ada makhluk yang bersemai di dalam rahim Anda. Makhluk yang terbentuk dari hasil pertemuan sel telur dan sperma ini, secara perlahan akan menjelma menjadi seorang bayi mungil, buah hati Anda dan pasangan. Anda pun akan melewati masa-masa menakjubkan selama 9 bulan. Jadi, nikmatilah!
Dari Minggu ke minggu sel itu membesar jutaan kali, membentuk organ dan anggota tubuh. Dari hanya satu sel, berubah menjadi semacam ‘lempengan’ panjang. Memang belum berbentuk janin. Bahkan beberapa minggu kemudian, ia masih tampak seperti gurita. Baru di minggu berikutnya lagi, perlahan-lahan ia menjelma menjadi janin, hingga kemudian siap dilahirkan. Perubahan-perubahan ini memang sangat mengagumkan.
Yuk, kita lihat, bagaimana perkembangan si buah hati dalam 3 bulan pertama kehidupannya, dan apa pula yang terjadi pada Anda.

Minggu pertama

Pertumbuhan janin
Sel telur dan sperma yang telah menyatu membentuk satu sel yang disebut zigot. Dalam minggu pertama setelah pembuahan, sel tunggal itu membelah diri menjadi 200-an sel seperti sekumpulan bola, yang disebut blastula. Kemudian ‘bola’ itu akan membelah diri terus-menerus dan terus berjalan menuju rahim untuk kemudian menanamkan diri (implantasi) di dinding rahim.

Tubuh Anda

Anda belum merasakan perubahan apa pun di dalam tubuh. Malah, banyak wanita tidak menyadari kalau dirinya hamil.
Minggu ke-2

Pertumbuhan janin
Saat ini panjang embrio (hasil pembuahan yang sudah berimplantasi di rahim) baru sekitar 0,36 – 1 milimeter. Sangat kecil, memang. Tetapi proses perkembangan terus terjadi. Saat ini rongga kantung ketuban (amnion) yang nantinya akan terisi air ketuban, mulai membentuk.
Tubuh Anda

masih belum mengalami perubahan yang berarti. Umumnya Anda pun juga belum menyadari kalau sudah terjadi kehamilan.

Minggu ke-3

Pertumbuhan janin
Sekarang panjang embrio bertambah menjadi sekitar 1,25 milimeter. Bentuknya mirip pelat, yang nantinya akan menjadi jantung. Mulai saat ini, sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang), otot-otot serta tulang-tulang mulai terbentuk.
Tubuh Anda

Beberapa wanita ada yang mulai mengalami pertambahan berat badan sedikit dan merasakan mual serta tidak nafsu makan. Namun, umumnya tetap belum menyadari kalau dirinya hamil.

Minggu ke-4

Pertumbuhan janin
Formasi dasar dari manusia mulai muncul. Panjang embrio sekitar 2-4 milimeter dan ia sudah mempunyai dasar-dasar dari otak dan tulang belakang. Saat ini merupakan awal dari periode embriyonik (dari konsepsi/pembuahan hingga minggu-8 kehamilan).
Boleh dibilang, masa ini merupakan periode penting, sebab janin sangat rentan terhadap faktor-faktor dari luar yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Banyak kasus malformasi (salah bentuk) terjadi pada periode ini.
Tubuh Anda

Berat badan Anda bisa jadi sudah bertambah 1-2 kilogram, dan rasa mual serta tidak nafsu makan mulai jelas terasa. Nah, Anda telah hamil satu bulan!
Saat ini mungkin Anda sudah menyadari terjadinya kehamilan di tubuh, karena masa haid sudah terlewati. Bagi Anda yang mengharapkan kehamilan, tentunya merasa surprise!

Minggu ke-5

Pertumbuhan janin
Embrio di dalam rahim Anda melewati masa pertumbuhan yang cepat dan mengagumkan. Di awal minggu ke-5, panjang embrio sekitar 4-5 milimeter dan di akhir minggu ini ukurannya jadi 1,1 - 3 cm.
Di minggu ini, pucuk ‘calon’ kaki dan tangan mulai muncul. Lubang mata mulai kelihatan namun bentuk kepala masih terlihat besar dan ia masih punya ‘ekor’. Jantung embrio mulai membentuk menjadi 2 kamar (kanan dan kiri), dan paru-paru serta bronchi (saluran udara) juga mulai muncul. Begitu juga usus dan pankreas
Tubuh Anda

Surprise mungkin masih menyelimuti Anda. Namun, meski bentuk tubuh belum begitu berubah, rasa mual dan ingin muntah bisa jadi semakin terasa. Tak apa. Munculnya rasa tak nyaman itu ‘ kan karena di dalam tubuh Anda terjadi penyesuaian terhadap hormon kehamilan yang mulai aktif. Jadi, sabarlah!
Minggu ke-6
Pertumbuhan janin
Sekarang ukuran embrio berkisar 1,4 – 2 cm. Kalau dilihat mungkin hanya sebesar kacang tanah. Seperti minggu sebelumnya, saat ini pun sang embrio berkembang dengan cepat. Kelopak mata mulai terbentuk dan sel saraf retina mata mulai berkembang. Kelopak bakal hidung mulai tampak, telinga mulai terbentuk bagian luar dan dalamnya.
Siku, lengan dan kaki embrio sekarang juga mulai memanjang. Jadi, mulai terbentuk tangan dan kaki. Sementara saluran penghubung antara kerongkongan dan paru-paru mulai bersambung.
Tubuh Anda
Rahim Anda mulai membesar, tapi dari luar belum cukup terlihat menonjol. Hanya saja, mungkin baju-baju Anda sudah mulai terasa sempit.


Minggu ke-7

Pertumbuhan janin
Ukuran embrio sekarang sekitar 2,2 – 3 cm, kira-kira sebesar 2 ruas jari kelingking. Jika Anda dapat melihat ke dalam rahim, sang calon bayi kini sudah agak berbentuk manusia. Tangan, kaki plus jari-jemarinya sudah tumbuh layaknya normal. Namun jika dilihat secara keseluruhan, ukuran kepala masih terlihat lebih besar dari tubuhnya, dengan dahi menonjol dan dagu menempel di dada.
Kelopak matanya pun kini hampir menutupi mata. Namun, Anda belum dapat melihat apakah sang janin ini laki-laki atau perempuan karena alat genital bagian luarnya masih terlihat mirip, belum dapat dibedakan.
Tubuh Anda

Tubuh Anda mulai sedikit melar. Tapi tahu tidak, besar rahim kini tak lebih besar dari jeruk nipis yang kecil.
Minggu ke-8
Pertumbuhan janin
Sekarang panjang embrio berkisar antara 3,1 – 4,2 cm, kira-kira sebesar buah plum. Saat ini, dokter sudah dapat mengukur kisaran berat bayi, diperkirakan 5 gram. Sebelum minggu ini, berat bayi masih terlalu kecil untuk dapat diukur tiap minggunya.
Akhir minggu ke-8 ini merupakan akhir periode embriyonik, dan masuk ke awal periode fetus atau janin. Periode ini pun ditandai dengan pertumbuhan yang cepat. Tapi, pada fase ini hanya sedikit kemungkinan terjadi malformasi, meskipun paparan dari luar seperti obat-obatan, sinar-X dan stres tetap dapat menjadi penyebab keguguran.
Tubuh Anda
Perubahan masih terjadi secara perlahan dan perut Anda tetap belum kelihatan menonjol. Untuk memakai baju hamil pun belum perlu.
Beberapa wanita mulai mengalami perubahan emosi. Mereka yang menanti kehamilan tentu akan bisa menikmatinya, namun bagi yang belum mengharapkan kehamilan, ada kemungkinan masih tetap belum bisa menerimanya. Belum lagi menghadapi masalah sehari-hari. Banyak wanita hamil merasa lebih sensitif di masa ini. Singkatnya, emosi Anda sering naik turun!
Bulan ke-9

Pertumbuhan janin
Sekarang panjang janin dalam rahim Anda sekitar 4,4 – 6 cm dan beratnya sekitar 8 gram. Kepala janin kini hampir setengah dari panjang janin secara keseluruhan, dagu mulai muncul serta leher pun semakin memanjang. Kuku jari juga mulai tumbuh. Alat genital bagian luar mulai memperlihatkan bentuk yang berbeda, meski baru akan menyempurnakan bentuknya kurang lebih 3 minggu kemudian.
Tubuh Anda

Sebagian wanita merasakan perubahan dari rambut dan kukunya. Ada yang merasa rambut dan kukunya tumbuh cepat, tapi ada juga yang sebaliknya, rambutnya malah mudah rontok. Lagi-lagi, ini akibat perubahan hormon dalam tubuh.

Minggu ke-10

Pertumbuhan janin
Panjang janin sudah mencapai 6,1 cm dan beratnya sekitar 8-14 gram. Kini bentuk kepalanya sudah berubah banyak dari 3 minggul yang lalu. Hidung, telinga, mata, mulut sudah mulai kelihatan. Detak jantungnya pun sudah dapat didengar melalui alat yang disebut Doppler.
Sistem rangka si kecil kini telah membentuk tulang-belulang. Tubuhnya mulai ditumbuhi rambut halus. Usus kecil mulai dapat berkontraksi sehingga ia dapat mendorong keluar makanan dari tubuhnya. Di dalam otak, kelenjar pituitari mulai membuat hormon. Janin pun kini sudah bisa bergerak, meski Anda belum dapat merasakannya, karena tubuhnya masih amat mungil.
Tubuh Anda

Mulai minggu ini beberapa wanita ada yang mulai merasa lebih nyaman. Morning sickness yang melanda sejak awal kehamilan sedikit demi sedikit mulai hilang. Perut Anda belum terlalu menonjol, tapi payudara mulai membesar, kadang terasa berdenyut, sedikit nyeri. Ya, saat ini payudara sedang menyiapkan ‘pabrik’ ASI.
Minggu ke-11

Pertumbuhan janin
Sekarang panjang janin sekitar 6,5 – 7,8 cm dengan berat sekitar 13 – 20 gram. Di usia ini perubahan yang paling menarik adalah pertumbuhan kepala yang mulai melambat dibanding pertumbuhan badannya. Di minggu ini besar kepala janin kira-kira setengah dari panjang janin secara keseluruhan.
Wajah janin mulai tampak seperti wajah manusia. Mata mulai bergeser, mendekat satu sama lain. Telinga berada dalam posisi normal di kedua sisi kepala. Jika dilihat melalui ultrasonografi (USG), alat genital janin bagian luar sudah dapat dibedakan, apakah ia bayi perempuan atau lelaki.

Tubuh Anda

Nah, stretch mark mulai bermunculan dalam variasi yang berbeda. Bisa muncul di perut, dada, panggul, paha atau pantat. Untuk mencegahnya, coba banyak minum air dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Hindari paparan sinar matahari di atas jam 10 pagi, lakukan olah tubuh ringan, dan boleh dicoba krim anti stretch mark! Tapi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kandungan Anda.


Minggu ke-12

Pertumbuhan janin
Panjang janin di akhir trimester pertama ini berkisar antara 8 – 9,3 cm, dan beratnya sekitar 25 gram. Bentuknya semakin mirip manusia dengan telinga yang telah berada di posisinya yang normal, yaitu di kepala, bukan di dekat leher lagi. Mata telah pindah dari sisi kepala ke bagian tengah muka. Leher terus memanjang dan dagu bukan lagi bagian dari dada. Sekarang, perbedaan genital makin tampak jelas, sehingga kita lebih mudah kini mendeteksi alat kelamin sang janin.

Tubuh Anda

Kulit Anda sedikit berubah. Mungkin muncul perubahan warna kulit (hiperpigmentasi) seperti warna kecokelatan di leher, lengan, dan sebagainya. Perubahan bentuk badan pun mulai tampak menyolok di minggu ini. Perut Anda sudah terlihat menonjol.
Periode yang kritis
Para dokter mengatakan, trimester pertama kehamilan merupakan periode yang kritis, karena semua organ dan anggota tubuh si kecil mulai membentuk. Karena itu, selayaknya kehamilan disikapi dengan bijak, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang.
Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk mencegah kelainan tulang belakang dan membantu pertumbuhan otak. Meski begitu, perhatikan juga berrbagai zat gizi lain, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Jangan lupa, bersikaplah positif. Hadapi dan jalani kehamilan dengan ikhlas dan rasa bahagia. Jangan lupa beristirahat, dan lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Untuk trimester pertama, pemeriksaan cukup dilakukan sebulan sekali.
Nah, selamat menjalani kehamilan dengan penuh bahagia!



Konsultasi ilmiah: dr.J.M Seno Adjie, SpOG(K), POGI Jaya, Staf Pengajar Departemen Obstetri dan Ginekologi, FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar